Blog untuk Pendidikan

Kamis, 17 November 2016

Asal Usul Nama Singkawang Kota Wisata, Kota Amoy dan Kota 1000 Klenteng

SampanPesisir - Kota Singkawang atau San Keuw Jong (Hanzi: 山口洋 hanyu pinyin: Shānkǒu Yáng) merupakan sebuah kota di Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak, yang merupakan ibukota provinsi Kalimantan Barat. Nama Singkawang itu berasal dari bahasa Hakka (Cina Singkawang) , San khew jong yang mengacu pada sebuah kota di bukit dekat laut dan estuari. Singkawang juga mendapat beberapa julukan, yaitu: Kota Wisata, Kota Amoy dan Kota 1000 Klenteng. Namun ada juga yang mengatakan bahwa nama Singkawang diambil dari nama tanaman Tengkawang yang terdapat di hutan tropis daerah Singkawang.



Singkawang menjadi tujuan utama pariwisata di Bumi Khatulistiwa. Kota yang berjarak 145 Km dari kota Pontianak terkenal dengan keindahan alam, budaya, serta kuliner yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Amoy ini. Perpaduan budaya Tionghoa, Dayak dan Melayu menjadikan kota Singkawang yang harmonis.

Sedikit bercerita tentang sejarahnya, Singkawang merupakan sebuah desa bagian dari wilayah Kesultanan Sambas. Dahulu Singkawang menjadi tempat persinggahan para pedagang dan penambang emas dari Monterado. Mereka tersebut berasal dari Negeri China, karena China terkenal dengan ilmu dagangnya.

Singkawang mulai dikenal oleh orang Eropa sejak 1834 yang tertuang dalam buku The Eastern Seas karya George Windwor Earl yang menyebutkan bahwa Singkawang dengan kata Sinkawan. Catatan lainnya juga didapat dari salah satu tulisan G.F De Bruijn yang terkandung dalam De Volken Van Nederlandsch Indie (1920) berjudul De Maleirs yang terjemahannya mengatakan: " . . . . . . .beberapa puluh mil di sebelah selatan kerajaan (Sambas) dibangun sebuah kota yang dimaksud sebagai kota pemerintahan (Belanda).

Semenjak kemerdekan Republik Indonesia, kota Singkawang merupakan bagian dan ibukota kabupaten Sambas berdasarkan UU No. 27 Tahun 1959 dengan status kecamatan Singkawang. Singkawang memperoleh status kota pada 21 Juni 2001 berdasarkan UU No. 12 Tahun 2001. Dengan ini kota Singkawang ditetapkan sebagai daerah otonom dan diresmikan pada tanggal 17 Oktober 2001 di Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah.

Semoga bermanfaat, dan Singkawang dapat membanggakan Kalimantan Barat bahkan Indonesia. Silakan dishare.

  2 komentar:

  1. Tepat di hari ini 10 Maret 2020 di ulang tahun bolavita yang ke-7 !

    Nikmati Bonus Freebet Dari BOLAVITA !

    S128
    SV388
    SPORTSBOOK
    CASINO
    TEMBAK IKAN
    SLOT

    Untuk kamu yang ingin klaim ! Daftar sekarang juga !

    Info selengkapnya silahkan hubungi :
    WA : +62812-2222-995
    BBM : BOLAVITA
    Line : cs_bolavita
    WeChat : BOLAVITA

    BalasHapus

Popular Posts

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *