Blog untuk Pendidikan

Jumat, 18 November 2016

Pesona Sunrise Gunung Gajah Pemangkat


SampanPesisir - Gunung Gajah merupakan tempat wisata terletak di Kecamatan Pemangkat (Sambas) yang wajib dikunjungi. Tempat wisata ini merupakan wisata baru di Kabupaten Sambas yang menyuguhkan pesona alam tiada duanya. Meskipun tergolong tempat wisata baru, pesonanya tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di Kalimantan Barat.

Menikmati sunrise yang tepat di sinilah tempatnya, udara segar dari hamparan sawah yang luas itu memanjakan mata dan jika berada di puncaknya terasa seperti di atas awan. Angin pagi yang mendinginkan kulit serta suara burung berkicau merdu. Di sebelah Barat puncak Gunung Gajah terdapat Pantai Sinam yang mempesona.

Bagi pengunjung ingin mengabadikan moment dengan berfoto, tidak ada salahnya langsung menuju puncaknya. Sepanjang perjalanan, pengunjung dapat mengambil spot foto yang sangat menarik. Apalagi dengan mengabadikan moment saat sunrise.

                                     
Photo by: Safriadi

Sebutan Gunung Gajah itu karena jika dilihat dari kejauhan, bentuknya menyerupai gajah yang sedang tidur. Di bagian belalainyalah terdapat akses jalan menuju puncaknya. Uniknya di Gunung ini terdapat Klenteng yang sangat indah dilihat saat malam hari di Pemangkat.

Untuk menuju ke Gunung Gajah jika dari Pontianak aksesnya melewati Kabupaten Mempawah, Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang bisa ditempuh lebih kurang 175 kilometer. Akses jalan dari Pontianak sudah mulus. Gunung ini sangat mudah ditemukan karena satu-satunya Gunung yang ada di Pemangkat. Ke Pemangkat bisa menggunakan transportasi darat seperti Bus Pontianak-Sambas, waktu yang ditempuh lebih kurang 5 jam dan menggunakan sepeda motor lebih kurang 4 jam perjalanan.

Jalan untuk menuju ke Gunung ini ada dua alternatif, yang pertama bisa dari Jalan Sisai Sebangkau dan bisa dari Pasar Pemangkat. Jalan ini sangat mudah dilalui karena jalannya terdapat di kaki Gunung Gajah. Dan untuk menuju puncaknya terdapat jalan beton yang berada di kaki Gunung tersebut. Perjalanan menuju puncak Gunung Gajah bisa ditempuh dengan memakan waktu lebih kurang 45 menit.

Pengunjung tidak dipungut biaya, biasanya hanya ditarik biaya parkir Rp 2000,- sebelum naik ke puncak Gunung. Penginapan yang tersedia di Pemangkat harganya sangat terjangkau, banyak Hotel serta kamar Kost yang tersedia untuk para pengunjung yang ingin beristrirahat.

#WonderfulIndonesia #Sambas #Pemangkat #Kalbar #Wisata #Tourism

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *