Blog untuk Pendidikan

Rabu, 16 November 2016

Bubur Pedas, Makanan Khas Kalimantan Barat

SampanPesisir - Sudah pernah ke Kalimantan Barat? Ada kuliner khas yang terkenal hingga manca negara yaitu Bubur Pedas. Dan makanan ini menjadi Makanan khas Kalimantan Barat yang dilansir oleh Instagram indozone. Makanan yang menyuguhkan rasa yang gurih dan enak ini berasal dari daerah Sambas. Daerah yang berada di ujung Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan Malaysia.

Sumber gambar: Kooliner.com




Nah, apabila Anda berkunjung ke daerah Kalimantan Barat ada dijumpai kuliner yang satu ini. Belum sah rasanya jika belum mencicipi makanan yang satu ini. Suku Melayu Sambas di Kalimantan Barat, punya kuliner unggulan yang memiliki banyak vitamin untuk kesehatan yang harus dicicipi para wisatawan. Dahulu bubur pedas disajikan di suatu.

Bubur pedas ini ternyata tidak hanya ada di Sambas, Singkawang, Bengkayang, Mempawah, dan Pontianak. Ternyata bubur pedas ini ada juga di Negeri Jiran yaitu Sarawak, Malaysia. Mungkin karena adanya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang membuat masakan ini di sana, sehingga warga Malaysia mulai mencicipinya, atau mungkin dengan alasan yang lain.

Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng dan kaya akan rempah serta sayuran, tidak heran jika bubur ini dinilai penuh gizi. Sayuran seperti daun pakis muda, toge (kecambah), kangkung, daun kesum menjadi campuran yang menyehatkan. Belum lagi paduan gorengan kacang tanah plus ikan teri yang digoreng kering menambah citarasa.

Jika ke Kalimantan Barat silakan langsung ke Kota Sambas, karena di sana ada warung khusus yang menyajikan Bubur Pedas, tepatnya berada di ujung Jembatan Sabo’ Sambas (dekat dengan Istana Sambas). Di sini menyajikan Bubur Pedas asli buatan orang Sambas.

Selain menjadi satu di antara menu andalan di warung milik orang Melayu, bubur pedas pun mudah ditemui di tempat orang berjualan ta’jil saat bulan Ramadhan. Bubur Pedas ini memang unik, tanpa membubuhkan sambal, kita tidak akan merasakan pedas sama sekali, malah cenderung bertekstur gurih dan segar.

Walaupun namanya bubur pedas, tetapi sebenarnya rasa asli bubur ini tidaklah pedas. Anda dapat menambahkan sambal terpisah sesuai dengan selera.

Semoga bermanfaat yaa.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *